PT WASKITA BELUM SERAHKAN RKL DAN RPL

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Kepala Bidang Analisis Dampak Lingkungan Makmur Menyesalkan sikap PT. Waskita yang hingga saat ini perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan batu Suplit tersebut belum juga menyerahkan Rencana Kelolah Lingkungan ( RKL ) dan Rencana pantau Lingkungan ( RPL ) pada Badan Lingkungan Hidup ( BLH ) Bombana.

Makmur mengungkapkan dirinya tidak habis pikir pihak PT. Waskita hingga saat ini belum menyerahkan kedua dokumen tersebut, padahal menurutnya dirinya sudah melangyangkan surat permintaan data RPL dan RKL ke pihak Waskita.

” Jika hal ini belum disahuti juga, pemerintah memiliki kewenangan untuk melakukan Pemberhentian kegiatan pengolahan yang saat ini masih terus dilakukan ” Kata Makmur saat ditemui diruang kerjanya beberapa saat lalu.

Pria berkacamata minus ini menambahkan tujuan dari kedua dokumen tersebut sangat penting, bukan hanya merupakan suatu persyaratan saja, namun kata Makmur, kedua dokumen tersebut baik itu RKL dan RPL akan menjadi dasar telaah bagi BLH untuk melakukan kajian atas kegiatan yang dilakukan.
” Kita dapat mengindentifikasi dampak yang terjadi dari kedua dokumen tersebut, apakah dampak itu sifatnya positif atau negatif yang pasti melalui kedua dokumen itu kita akan dapat kepastian akan dampak yang ditimbulkan selama pengolahan dilaksanakan ” pungkas Makmur.

Makmur berharap agar persoalan ini segera di sahuti pihak PT. Waskita, terlebih lagi pihak perusahaan sendiri sambungnya, sudah pernah membuat surat pernyataan kesiapan mereka menyampaikan laporan RKL dan RPL ke Pihak BLH Bombana.

” Kami tidak akan main – main dan akan menindak tegas siapapun dan perusahaan manapun jika tidak menaati peraturan yang ada, tak terkecuali PT Waskita ” tegas Makmur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *