ROMBONGAN KAPAL LAYAR RENCANA KUNJUNGI KABAENA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Rencana rombongan Kapal Layar  mengunjungi Pulau Kabaena seperti yang di utarakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Bombana Ir.Sukamto merupakan salah satu momentum yang baik untuk lebih memperkenalkan kebudayaan dan berbagai tempat wisata pada pihak luar khususnya yang ada di pulau penghasil nikel tersebut.  

Ditemui diruang kerjanya (5/2) Ir.Sukamto mengatakan bahwa di Kabupaten Bombana khsusnya yang ada di kabaena memiliki budaya dan pariwisata yang unik sehingga hal tersebut bisa di jadikan sebagai daya tarik bagi pihak luar untuk berkunjung di bombana.  

” jika rencana kedatangan rombongan kapal layar tersebut  terlaksana maka ini merupakan kesempatan untuk memperkenalkan kebudayaan kita ” kata Sukamto.  

Rencana Kedatangan rombongan Kapalyang diperkirakan berjumlah 40 kapal tersebut yang bertolak dari Darwin Australia di bulan agustus mendatang menurut sukamto akan mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di pulau Kabaena dan berlabuh di sekitar pulau sagori, seperti yang sudsh di ketahui pulau sagori memiliki kedalaman laut yang cukup dalam, dan di sekitar itu juga terdapat salah satu situs sejarah yakni Kapal VOC yang karam dan diperkirakan umurnya sudah ratusan tahun.  

” kemungkinan mereka akan berlabuh di sekitar pulau sagori, mereka bisa melakukan penyelaman, namun tidak boleh merusak situs sejarah disana ” ungkapnya.  

Lanjutnya, Pihaknya juga akan mengajak kru kapal tersebut melihat eksotisme  keindahan Desa Tangkeno yanh berada di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut, pasalnya selain di daerah tangkeno terdapat benteng, di desa yang konon merupakan desa pertama yang ada Pulau Penghasil Nikel tersebut, banyak budaya seperti tari tarian dan serta panorama senja yang bisa di nikmati karena letaknya berada di ketinggian.  

” kita akan bekerjasama dengan instani lainnya( Dinas Pariwisata ) untuk melakukan penataan sebaik mungkin di daerah tersebut, apalagi rencananya Tangkeno akan di jadikan sebagai alah satu desa wisata di kabupaten bombana ” tegasnya.

Komentar