RP. 2,4 M, UNTUK POROS TOBURI-TONTONUNU-MULAENO

SHARE:
  •  
  • 84
  •  
  •  
  •  
Jembatan Tongkoseng Yang Akan di Box Culvert

Rumbia, Kominfos.

Warga masyarakat di Kecamatan Tontonununu Kabupaten Bombana perlu bersabar sedikit, pasalnya tingginya curah hujan di Kabupaten Bombana dalam dua bulan terakhir, membuat sejumlah ruas jalan di Wilayah Kabupaten Bombana amblas. Terbaru, Poros Toburi-Tontonunu-Mulaeno dua pekan lalu akses menuju wilayah tersebut sempat terputus.

Ditemui diruang kerjanya, Kabid Bina Marga Semuel Kadmae Rubun, ST mengungkapkan. Untuk meningkatkan akses ke Tontonunu, Pemkab Kabupaten Bombana tahun anggaran 2018 kembali mengalokasikan anggaran sekira Rp. 2,4 Milyar untuk peningkatan jalan Poros Toburi-Tontonunu-Mulaeno dan pekerjaannya dilakukan tahun ini juga.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU & Tata Ruang Kab. Bombana

Anggaran sebesar itu, kata Kabid Bina Marga. Untuk membiayai pekerjaan jembatan dan jalan poros Tontonunu yang telah rusak parah dibeberapa titik. Untuk jalan longsor yang lokasinya berada di Desa Touburi dan beberapa Desa lain, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran pelaksanaan perbaikan untuk tahun berikutnya.Demi keselamatan pengguna jalan yang melintasi poros Toburi Tontonunu-Mulaeno, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan tata Ruang Kabupaten Bombana telah memasang sejumlah rambu-rambu dan marka jalan untuk menjadi perhatian dan setiap pengguna jalan agar lebih berhati-hati.

“Cuaca extreme mengakibatkan beberapa titik jalan tersebut menjadi rusak sampai akhirnya longsor, tetapi tidak perlu khawatir karena kami telah mengalokasikan anggaran di tahun 2019 untuk perbaikan, untuk penanganan sementara kami akan lakukan pemeliharaan jalan dalam waktu dekat ini, kami juga telah memasang rambu-rambu dan marka jalan dilokasi yang rusak parah, agar pengguna atau pemakai jalan lebih berhati-hati” Kata Semuel.

Jalan Amblas
Staf Dinas PU & Tata Ruang Sedang melakukan Pemantauan di Titik Longsor
Rambu Yang Berada di Toburi Untuk Menjadi Pehatian Mayarakat
Rambu yang berada di Desa Mulaeno Untuk Menjadi Perhatian Masyarakat

Dihubungi melalui media sosial whatsapp, Sekretaris Dinas PU & Tata Ruang Kabupaten Bombana selaku PPK Bidang Bina Marga Abd. Rahmat Zainuddin Tahyas, ST.,MT senada dengan Kepala Bidang Bina Marga mengungkapkan bahwa anggaran Rp. 2,4 Miliar tersebut sudah include dengan pembangunan jembatan di Tongkoseng. Pembangunan jembatan tongkoseng akan menggunakan desain box culvert sedangkan jalan sepanjang kurang lebih 1100 meter akan menggunakan kontruksi jalan beton. Sekarang ini masih dalam proses lelang di Unit Layanan Pengadaan.

Sekretaris Dinas PU & Tata Ruang Selaku PPK Bidang Bina Marga

“Iya, yang 2.4 M itu sudah masuk dengan jembatan, jalannya kita akan beton, sedangkan jembatan kita akan box culvert. kalau pelaksanaannya kami akan action bulan Agustus, karena sekarang paketnya lagi dalam proses lelang di unit layanan pengadaan (ULP), pokoknya setelah ada pemenang lelang kita action karena jalan poros toburi-tontonunu-mulaeno merupakan akses paling dekat antara kasipute dan poleang”. Tegasnya.

Pantauan Diskominfo di jalan poros Toburi-Tontonunu-Mulaeno, bahu jalan yang amblas terdapat di Desa Karya Baru dua lokasi yang mengakibatkan terjadinya penyempitan badan jalan,Desa Toburi, kemudian di Desa Tontonunu bahu jalan terjadi longsoran karena disekitar jalan itu terdapat sungai kecil dan Desa Tongkoseng sendiri jembatan penghubung yang terbuat dari batang kelapa nyaris putus.

Syukur, S.IP. Anggota DPRD Bombana dari dapil Poleang yang dihubungi terpisah sehubungan dengan rusaknya sejumlah ruas jalan penghubung Poros Toburi-Tontonunu-Mulaeno membenarkan kalau telah dianggarakan sebesar Rp. 2.4 M. dan pekerjaannya dilaksanakan tahun 2018 ini.

“Jadi pekerjaannya, akan dilaksanakan tahun ini juga, kami himbau kepada masyarakat Tontonunu supaya bersabar sedikit, karena memang sekarang faktor cuaca sehingga belum bisa dikerjakan” Kata legislator dari Tontonunu ini.

(Penulis: Endi/ Editor: Anton Ferdinan)