RSUD BOMBANA MENUJU BLUD

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Salah satu wujud untuk meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal ke masyarakat khususnya bagi instansi pemerintah seperti Rumah Sakit Umum Daerah harusnya dibarengi dengan peningkatan status dari instansi tersebut, demikian dikatakan Direktur RSUD Kab. Bombana Dr. Nazar pagi tadi (16/1) saat sosialisasi penerapan Badan Layanan Umum Daerah yang bekerjasama dengan BPKP Prov. Sultra diruang rapat bupati Bombana.  

Dr.Nazar menambahkan jika hal ini sudah mulai diterapkan, maka dengan sendirinya RSUD akan mengelolah sendiri anggarannya demi menjaga peningkatan kualitas pelayanan ke masyarakat.  

” sosialisasi yang dilakukan ini akan menggambarkan asas manfaat jika RUSD  menjadi badan layanan umum daerah dengan tujuan terciptanya pelayanan yang lebih maksimal,efisien dengan pola penganggaran yang lebih realistis ” kata Dr. Nazar.  

Sementara itu, Bupati Bombana H. Tafdil Mengatakan sebagai aparatur pemerintah dirinya sangat mengapresiasi apa yang telah di lakukan pihak BPKP dalam membantu pemda bombana menciptakan sistem pemerintahan yang lebih sinergis dan terstruktur khususnya dari sisi pengelolaan keuangan daerah.  

Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD) kata H. Tafdil selama ini hanya diterapkan di rumah sakit regional seperti yang terjadi di Makassar, menurutnya jika hal ini pula diterapkan di RSUD bombana dirinya merasa yakin pelayanan prima ke publik yang merupakan tugas pokok RSUD akan lebih meningkat lagi, apalagi di bombana ini rumah sakit hanya ada satu.jika selalu bergantung sepenuhnya dengan pemerintah pungkasnya, dirinya yakin RSUD akan sedikit kesulitan dari sisi penganggaran padahal RSUD ini bisa dikatakan instansi yang melayani masyarakat yang bersifat darurat.  

” tidak mungkin kan orang sudah masuk IGD harus menunggu lagi obatnya hanya karena alasan klasik anggaran belum bisa di cairkan, sehingga sudah sangat tepat jika RSUD statusnya ditingkat menjadi BLUD yang sifatnya semi pemerintah ” ujar H. Tafdil.  

H. Tafdil menambahkan BLUD hal yang terbilang tidak sesederhana yang dibayangkan banyak pihak, pasalnya konsep yang ditawarkan BLUD memiliki paradigma yang berbeda karena akan lebih mengoptimalkan pelayanan yang sempurna dengan sistem pengelolaan anggaran yang berpola profesional.  

untuk diketahui Badan Layanan Umum Daerah akan lebih meningkatkan kinerja aparatur pemerintah yang mana hal tersebut akan mengefisienkan anggaran pemerintah daerah dengan pola anggarsn publikc goods sehingga tercipta citra pemerintah akan lebih baik di mata masyarakat karena mengutamakan pelayanan yang lebih cepat, tepat efisien dan profesional.  

” saya harap sosialisasi ini di simak baik baik, saya tidak ingin mendengar ketidak siapan aparat pelaksana jika BLUD ini sudah diterapkan masih ada yang belum memahami konsep BLUD secara utuh ” Harapnya.

Komentar