SEJUMLAH PERANGKAT DESA IKUT PELATIHAN PENYUSUNAN RPJMDes

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Lima Desa di Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana, mengutus perangkat Desanya untuk mengikuti pelatihan penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes).

Ketua Panitia Kegiatan, Samsudin Saad, yang dikonfirmasi ditempat kegiatan mengatakan bahwa, kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari, terhitung sejak tanggal 1 – 5 Agustus 2016.

“Setiap Desa mengutus tujuh orang perangkat Desa, yang sudah di SK kan oleh Kepala Desa untuk dapat mengikuti pelatihan ini,” katanya, Selasa (2/8/2016).

Samsudin berharap, dengan kegiatan ini, peserta yang mengikuti pelatihan, nantinya bisa menjadi motifator di masing masing Desanya, dan apa yang akan dilakukan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

Ditempat yang sama, Majaruddin, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan setempat menambahkan, bahwa pelatihan ini sangatlah penting dilakukan, apalagi sudah tertuang dalam Dokumen Pelaksa  Anggaran Desa (DPAD).

“Dan kalau tidak dilaksanakan, ini bisa dapat menjadi temuan sebab sudah di anggarkan dalam DPAD. Tugas kami disini mendampingi dan memastikan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa penyusunan dokumen RPJMDes adalah suatu keharusan, untuk bisa melahirkan dokumen RKPDes dan menjadi rujukan dalam melahirkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) disetiap Desa.

Untuk diketahui, lima Desa di Kecamatan Poleang Utara yang mengikuti pelatihan ini adalah Desa Toburi, Desa Wambarema, Desa Pusu’ea, Desa Tanah Poleang serta Desa Karya Baru.

Komentar