SEPULUH KELOMPOK TANI TERIMA BANTUAN DARI KEMENTERIAN PERTANIAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Ket. Gambar : Sumpeno S.KM Kepala BP4K Kabupaten Bombana ( foto : Herry ).

Rumbia, Kepala BP4K Kabupaten Bombana mengatakan tahun ini 10  Kelompok Tani yang ada di bombana memperoleh bantuan dana masing – masing 100 juta rupiah dari Kementerian Pertanian yang merupakan usulan dari BP4K tahun lalu.  

Sumpeno, S.KM menjelaskan bahwa dana yang diterima oleh kelompok tani tersebut merupakan bantuan dana yang peruntukannya sebagai modal dalam mengembangkan hasil pertanian para petani.sehingga kata Sumpeno akan tercipta sebuah kemandirian dan tidak selalu menggantungkan modal usahanya melalui pinjaman.  

” bantuan ini semacam dana hibah, harapannya dengan  bantuan ini masyarakat bisa lebih meningkatkan produktivitas hasil pertaniannya ” tutur Sumpeno.  

Dikatakan, bahwa bantuan dana yang berasal dari usulan BP4K Kab. Bombana ini lebih di fokuskan serta diprioritaskan kepada kelompok tani yang dianggap belum cukup mampu karena kekurangan modal usaha meningkatkan pendapatannya dari hasil pertanian mereka sehingga kedepannya petani jika mengelolah dana ini dengan baik, mereka kata sumpeno tidak akan mengalami lagi kesulitan modal usaha untuk mengembangkan produktivitas hasil pertaniannya, Mantan Kadis Kesehatan Bombana ini pun mengungkapkan bahwa usulan yang di lakukan dinasnya ke pihak kementerian, setelah mereka melakukan validasi data.  

” setelah kami validasi, jika layak kami langsung merekomendasikan ke pihak kementerian ” lanjutnya.  

Saat ditanyai kapan bantuan itu akan turun, sumpeno mengatakan dirinya hanya mengetahui dari surat yang dikirim pihak kementerian tentang 10 kelompok tani di Bombana berhak memperoleh bantuan dana itu, sedangkan dana tersebut langsung dikirim oleh pihak kementerian kerekening masing-masing kelompok tani yang dianggap layak mendapat bantuan.  

” yang pasti berdasarkan surat yang kami terima, tahun ini dananya sudah  di cairkan ” papar Sumpeno.  

Gabungan Kelompok Tani yang memperoleh bantuan tersebut untuk wilayah kabupaten bombana tersebar di beberapa kecamatan di antara, Kelompok tani Sumber Rejeki di Poleang Barat, Kelompok Tani Mologina Polenag timur, Kelompok Tani Kowala Lantari Jaya, Kelompok Tani Mokoau di Mataoleo, Kelompok Tani Turu Cinnae Kecamatan Matausu, Kelompok Tani Elang Buana Poleang, kelompok Tani sinar Harapan Masagena di Poleang tengah, Kelopok Tani Masagenaka di poleang Timur dan yang terakhir Kelompok Tanu Tumbuh Subur yang ada di KecamatanRarowatu.  

” Tahun ini pun kami sudah merekomendasikan beberapa kelompok tani untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Komentar