TARGET CAPAIAN PAD JADI FOKUS PERHATIAN PEMKAB BOMBANA

SHARE:
  •  
  • 47
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Kominfos.

Realisasi target capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bombana menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Bombana di bawah kendali Bupati Bombana H. Tafdil, SE., MM. dan Wakil Bupati Bombana Johan salim, S.P. Hal itu disampaikan dalam pidato penjelasan Bupati Bombana atas Pandangan Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Bombana terhadap pengajuan Rancangan Perda Kabupaten Bombana Tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun anggaran 2017 di gedung DPRD Kabupaten Bombana, Selasa 3 Juli 2018.

Kata Tafdil, setelah menyimak dan mencermati pandangan umum yang disampaikan oleh seluruh fraksi, secara garis besarnya terdapat beberapa hal yang secara umum mendapat catatan dari seluruh fraksi terkait capaian pendapatan asli daerah yang belum maksimal sesuai target yang telah ditetapkan dimana baru mencapai 87,70 persen.

Terhadap permasalahan tersebut, dapat disampaikan bahwa dari beberapa sumber-sumber pendapatan asli daerah yang paling kecil realisasinya bersumber dari pajak daerah dimana realisasinya baru mencapai 80,5 persen dari target yang ditetapkan, sehubungan dengan hal tersebut diatas.

“Maka mulai tahun anggaran 2018 ini Pemerintah Kabupaten Bombana melakukan pendataan ulang terhadap objek pajak bumi & bangunan termasuk untuk melakukan penyesuaian terhadap besaran nilai jual objek pajak.” Tegasnya.

Diharapkan melalui langkah ini dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak. disamping itu kita akan lebih memaksimalkan pendapatan pajak daerah yang bersumber dari kegiatan investasi di bidang pertambangan, industri, sektor wisata, dan perkebunan di wilayah Kabupaten Bombana.

Terkait dengan pengelolaan pendapatan daerah kedepan. “Melalui kesempatan ini saya sampaikan sudah waktunya untuk fokus pada upaya peningkatan pendapatan asli daerah.” tegasnya,

Hal ini disebabkan, kata Tafdil, jika melihat tren pendapatan yang bersumber dari dana transfer, maka dalam beberapa tahun terakhir hampir tidak mengalami peningkatan, seperti dana alokasi umum, dengan dikeluarkannya kebijakan transfer dana alokasi umum dinamis, maka target penerimaan dari dana alokasi umum dapat berubah dalam tahun anggaran berjalan disesuaikan dengan penerimaan negara, dan arah perubahan tersebut lebih mengarah kepada penurunan besaran dari yang ditetapkan sebelumnya.

Dihubungi Secara terpisah, sebagai tindak lanjut yang menjadi perhatian Bupati Bombana, Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana H. Burhanuddin, HS.Noy.SE.,M.Si. Meminta kepada seluruh OPD untuk fokus pada peningkatan realisasi PAD di SKPD masing-masing. “Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi, dan OPD harus kreatif dalam menggenjot target penerimaan yang sudah ditetapkan” Ujarnya singkat.

Berikut pidato lengkap Bupati Bombana penjelasan atas pandangan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Bombana terhadap pengajuan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bombana tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017 Rumbia, 3 juli 2018.

PIDATO PENJELASAN BUPATI BOMBANA
ATAS
PANDANGAN FRAKSI-FRAKSI DPRD KABUPATEN BOMBANA
TERHADAP PENGAJUAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH
KABUPATEN BOMBANA TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN
PELAKSANAAN APBD TAHUN ANGGARAN 2017
RUMBIA, 3 JULI 2018

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

ASSALAMU ALIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

• YANG SAYA HORMATI PARA PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD KABUPATEN BOMBANA
• YANG SAYA HORMATI ANGGOTA FORUM KOMUNIKASI PIMPINAN DAERAH
• YANG SAYA HORMATI SEKRETARIS DAERAH BESERTA PARA PEMANGKU JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA, ADMINISTRATOR
DAN PELAKSANA LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN BOMBANA
• PARA HADIRIN DAN UNDANGAN YANG SAYA MULIAKAN

MENGAWALI PIDATO INI, SAYA MENGAJAK KITA SEKALIAN UNTUK SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA ATAS RAHMAT DAN KARUNIANYA, SEHINGGA PADA HARI INI KITA DAPAT MELAKSANAKAN RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN BOMBANA DALAM RANGKA MENDENGARKAN PIDATO PENJELASAN BUPATI BOMBANA ATAS PANDANGAN FRAKSI-FRAKSI DPRD KABUPATEN BOMBANA TERHADAP PENGAJUAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TAHUN ANGGARAN 2017.

PERKENANKAN SAYA, ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN BOMBANA, MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN SETINGGI-TINGGINYA KEPADA SELURUH FRAKSI YANG ADA DALAM DPRD KABUPATEN BOMBANA ATAS SELURUH PANDANGAN FRAKSINYA TERHADAP BERBAGAI SUBSTANSI YANG TERTUANG DALAM RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD TAHUN ANGGARAN 2018, YANG TELAH DISAMPAIKAN PADA BEBERAPA WAKTU YANG LALU. SEMUA PANDANGAN YANG DISAMPAIKAN OLEH SELURUH FRAKSI PADA PARIPURNA PANDANGAN UMUM ATAS RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD TAHUN ANGGARAN 2017, TENTUNYA MERUPAKAN MASUKAN YANG SANGAT BERHARGA, DAN AKAN MENJADI BAHAN PEMBAHASAN LEBIH LANJUT UNTUK PENYEMPURNAAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH TERSEBUT.
SIDANG DEWAN DAN HADIRIN YANG TERHORMAT,

KITA BERSAMA-SAMA TELAH MENDENGARKAN PANDANGAN UMUM FRAKSI ATAS PENGAJUAN ANGGARAN 2017, SECARA UMUM SELURUH FRAKSI DI DPRD KABUPATEN BOMBANA MENYETUJUI RAPERDA TERSEBUT UNTUK DIBAHAS BERSAMA PEMERINTAH DAERHA SEBELUM DITETAPKAN MENJADI PERATURAN DAERAH SESUAI DENGAN MEKANISME DAN TAHAPAN PEMBAHASANNYA, DENGAN BEBERAPA CATATAN YANG HARUS MENDAPATKAN PENJELASAN DARI PEMERINTAH DAERAH.

MENGAWALI PENJELASAN ATAS PANDANGAN FRAKSI DPRD KABUPATEN BOMBANA, PERTAMA-TAMA SAYA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH ATAS APRESIASI YANG DIBERIKAN TERHADAP HASIL YANG DICAPAI OLEH PEMERINTAH KABUPATEN BOMBANA ATAS PENILAIAN OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN YANG DIBERIKAN OLEH BADAN PEMERIKSA KEUANGAN, TENTUNYA HAL INI MERUPAKAN HASIL KERJA SAMA SELURUH PIHAK KHUSUSNYA DPRD KABUPATEN BOMBANA DALAM MENGAWAL PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH.

SETELAH MENYIMAK DAN MENCERMATI PANDANGAN UMUM YANG DISAMPAIKAN OLEH SELURUH FRAKSI, SECARA GARIS BESARNYA TERDAPAT BEBERAPA HAL YANG SECARA UMUM MENDAPAT CATATAN DARI SELURUH FRAKSI TERKAIT CAPAIAN PENDAPATAN ASLI DAERAH YANG BELUM MAKSIMAL SESUAI TARGET YANG TELAH DITETAPKAN DIMANA BARU MENCAPAI 87,70 PERSEN. TERHADAP PERMASALAHAN TERSEBUT, DAPAT DISAMPAIKAN BAHWA DARI BEBERAPA SUMBER-SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH YANG PALING KECIL REALISASINYA BERSUMBER DARI PAJAK DAERAH DIMANA REALISASINYA BARU MENCAPAI 80,5 PERSEN DARI TARGET YANG DITETAPKAN, SEHUBUNGAN DENGAN HAL TERSEBUT DIATAS, MAKA MULAI TAHUN ANGGARAN 2018 INI PEMERINTAH KABUPATEN BOMBANA MELAKUKAN PENDATAAN ULANG TERHADAP OBYEK PAJAK BUMI BANGUNAN TERMASUK UNTUK MELAKUKAN PENYESUAIAN TERHADAP BESARAN NILAI JUAL OBYEK PAJAK. DIHARAPKAN MELALUI LANGKAH INI DAPAT MENINGKATKAN PENDAPATAN DAERAH DARI SEKTOR PAJAK. DISAMPING ITU KITA AKAN LEBIH MEMAKSIMALKAN PENDAPATAN PAJAK DAERAH YANG BERSUMBER DARI KEGIATAN INVESTASI DI BIDANG PERTAMBANGAN, INDUSTRI DAN PERKEBUNAN DI WILAYAH KABUPATEN BOMBANA.

TERKAIT DENGAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH KEDEPAN, MELALUI KESEMPATAN INI SAYA SAMPAIKAN SUDAH WAKTUNYA UNTUK FOKUS PADA UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH, HAL INI DISEBABKAN JIKA MELIHAT TREN PENDAPATAN YANG BERSUMBER DARI DANA TRANSFER, MAKA DALAM BEBERAPA TAHUN TERAKHIRNYA HAMPIR TIDAK MENGALAMI PENINGKATAN, SEPERTI DANA ALOKASI UMUM, DENGAN DIKELUARKANNYA KEBIJAKAN TRANSFER DANA ALOKASI UMUM DINAMIS, MAKA TARGET PENERIMAAN DARI DANA ALOKASI UMUM DAPAT BERUBAH DALAM TAHUN ANGGARAN BERJALAN DISESUAIKAN DENGAN PENERIMAAN NEGARA, DAN ARAH PERUBAHAN TERSEBUT LEBIH MENGARAH KEPADA PENURUNAN BESARAN DARI YANG DITETAPKAN SEBELUMNYA.

DEMIKIAN PULA HALNYA DENGAN BEBERAPA PENDAPATAN TRANSFER LAINNYA, DISISI LAIN KITA BERSYUKUR DENGAN BANYAKNYA JENIS PENDAPATAN TRANSFER YANG DIBERIKAN OLEH PEMERINTAH PUSAT DALAM BENTUK DANA ALOKASI KHUSUS FISIK DAN NON FISIK, NAMUN DISISI LAIN PEMBERIAN ANGGARAN TERSEBUT DIIKUTI DENGAN BERBAGAI REGULASI YANG MENGATUR TENTANG PENGGUNAANYA, YANG MANA PADA AKHIRNYA SANGAT MEMBATASI RUANG GERAK PEMERINTAH DAERAH MENGALOKASIKAN DANA TERSEBUT PADA SEKTOR-SEKTOR YANG BENAR-BENAR DIBUTUHKAN OLEH MASYARAKAT.

PIMPINAN DAN ANGGOTA DEWAN YANG SAYA HORMATI, HADIRIN DAN UNDANGAN YANG SAMA BERBAHAGIA

TERKAIT DENGAN PANDANGAN FRAKSI PAN BERSATU YANG MENYOROTI TENTANG KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KHUSUSNYA TERKAIT MASIH TERDAPAT SILPA DALAM TAHUN ANGGARAN 2018, DAPAT KAMI SAMPAIKAN BAHWA MULAI TAHUN ANGGARAN 2012 SECARA BERTAHAP PEMERINTAH KABUPATEN BOMBANA MENURUNKAN NILAI SILPA DISETIAP TAHUN ANGGARAN. DIMANA MULAI TAHUN ANGGARAN 2014 SAMPAI DENGAN TAHUN ANGGARAN 2017 KITA TELAH BERHASIL MEMPERTAHANKAN NILAI SILPA DIBAWAH ANGKA 3 PERSEN ATAU RATA-RATA SEBESAR 20 MILYAR RUPIAH. TENTUNYA JIKA DIBANDINGKAN DENGAN NILAI APBD KABUPATEN BOMBANA YANG BERKISAR 800 MIYAR RUPIAH, MAKA NILAI TERSEBUT SUDAH MASUK DALAM KATEGORI WAJAR. HAL INI BERARTI TINGKAT PENYERAPAN ANGGARAN RATA-RATA DIATAS 95 PERSEN.

TERKAIT DENGAN PANDANGAN FRAKSI GOLKAR YANG MENYOROTI MASIH ADANYA UTANG PEMERINTAH DAERAH ATAS PELAKSANAAN PROGRAM JAMKESDA, MELALUI KESEMPATAN INI KAMI SAMPAIKAN BAHWA TUNGGAKAN PEMBAYARAN JAMKESDA TELAH MASUK DALAM DAFTAR KEWAJIBAN PEMERINTAH DAERAH SEBAGAIMANA TERTUANG DALAM LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TAHUN ANGGARAN 2017, HAL INI BERARTI BAHWA PEMERINTAH DAERAH AKAN MENJADIKAN PRIORITAS UNTUK DISELESAIKAN. OLEH KARENA ITU MELALUI KESEMPATAN INI SAYA SAMPAIKAN KEPADA TIM ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH UNTUK SEGERA BERKOORDINASI DENGAN DINAS KESEHATAN UNTUK MELAKUKAN VERIFIKASI DAN PERHITUNGAN TERHADAP TUNGGAKAN
PEMBAYARAN JAMKESDA UNTUK DIANGGARKAN DALAM PERUNAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2018.

TERKAIT DENGAN PENGELOLAAN WISATA DI PULAU KONDO YANG SEBELUMNYA DIKELOLA OLEH PEMERINTAH DESA, MAKA SAYA MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK SECARA ARIF DAN BIJAKSANA DALAM MELIHAT PERMASALAHAN INI, UNTUK DAPAT MENGEMBANGKAN SUATU KAWASAN WISATA DIPERLUKAN SINERGITAS DARI SELURUH PIHAK TERKAIT, TANPA MENGURANGI PERAN PEMERINTAH DESA SETEMPAT SEBAGAI ORGANISASI PERTANGKAT DAERAH TEKNIS DALAM BIDANG PARIWISATA MAKA DINAS PARIWISATA KABUPATEN BOMBANA BERKEWAJIBAN UNTUK MEMBERIKAN DUKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN OBYEK WISATA YANG ADA DI WILAYAH KABUPATEN BOMBANA.

PIMPINAN DAN ANGGOTA DEWAN YANG SAYA HORMATI, HADIRIN DAN UNDANGAN YANG SAMA BERBAHAGIA

DEMIKIAN BEBERAPA PENJELASAN SECARA RINGKAS YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN SEHUBUNGAN DENGAN PENGAJUAN RAPERDA PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TAHUN ANGGARAN 2017, KAMI SADARI BAHWA PENJELASAN INI BELUM SEPENUHNYA DAPAT MENJAWAB SECARA TERPERINCI ATAS BEBERAPA HAL YANG DISAMPAIKAN OLEH MASING-MASING FRAKSI. TERHADAP BEBERAPA MASALAH TERSEBUT SEKIRANYA LEBIH LANJUT DAPAT DISAMPAIKAN PADA SKPD TEKNIS MASING-MASING DALAM RAPAT KERJA NANTINYA.

AKHIRNYA KEPADA PIMPINAN DAN SEGENAP ANGGOTA DEWAN, SERTA HADIRIN YANG TELAH MENGIKUTI DENGAN SEKSAMA PENYAMPAIAN PENJELASAN ATAS PANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN BOMBANA INI, SAYA SAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH.

BILLAHI TAUFIK WALHIDAYAH

WASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

BUPATI BOMBANA,

H. TAFDIL, SE., MM

(Penulis: Sry Mariani/Nasriadi Editor: Anton Ferdinan/Endi)