TIM BNPB TINJAU LOKASI BENCANA

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Ket. Gambar : (dari kiri ke kanan) Kepala BPBD Kolut Rahmatullah, Kasubdit Pemantauan dan Pelaporan BNPB Dra. Sri Hartiatin, Sekda Bombana Dr. Ir.H. Rustam Supendy, M. Si, Kepala BPBDZ Bombana Ir.Abu Kahar, Kabid Kedaruratan BPBD Bombana Ridwan, S.Sos Saat meninjau lokasi lahan Relokasi Masyarakata Desa Terapung di Desa Lemo Poleang Tenggara. Foto : Herry

Rumbia, Masyarakat yang merasakan langsung dampak bencana yang baru baru ini terjadi sedikit banyaknya b isa bernafas lega, pasalnya daerah mereka yang tertimpa musibah bencana gelombang pasang dan banjir mendapat kunjungan dari tim Badan Nasional Penaggulangan Bencana( BNPB) Pusat untuk melihat langsung kondisi masyarakat saat ini.  

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Bombana Ir. Abu Kahar saat ditanyai terkait kehadiran tim BNPB mengatakan saat ini dirinya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Bombana  sudah mengajukan bantuan perbaikan rumah dan pelebaran sungai yang ada di laeya Poleang Selatan sehingga tim tersebut turun untuk melakukan verifikasi lapangan.  

” propasal yang kami ajukan enam milyar sehingga tim pusat langsung meninjau apakah proposal yang kami gambarkan sesuai fakta di lapangan ” kata Abu Kahar.  

lanjut, Abu Kahar berharap dengan turunnya tim ini akan memberi gambaran secara menyeluruh   kepada pusat akan  kondisi yang dialami masyarakat saat ini agar bantuan segera bisa terealisasi.    

Selain meninjau Desa Terapung yang beberapa saat lalu dihatam gelombang pasang, kehadiran Kasubdit Pemantauan dan Pelaporan BNPB Pusat Dra. Sri Hartiatin, MM meninjau  juga meninjau Lokasi Banjir di Desa Laeya Poleang Selatan dan Desa Mattirowalie Kecamatan Poleang yang di dampingi Sekda Bombana Kepala BPBD Bombana, Kepala BPBD Kolaka Utara Rahmatullah, Kabid Kedaruratan  Ridwan, S. Sos, Kabag. Humas Hasdin Ratta dan Kabag Umum dan Perlengkapan Asis Fair.  

Sri Hartiatin mengungkapkan usai dirinya melihat dan memverifikasi lapangaan proposal yang diajukan BPBD Bombana,  dirinya segera membuat laporan kondisi real yang terjadi saat ini, khususnya kondisi yang alami masyarakat pasca kampung mereka di terjang bencana.  

” kami datang bukan memberikan bantuan, namun memverifikasi proposal yang ada apa layak atau tidak  apa sesuai faktanya ” ujar Dra. Sri Hartiatin.  

Dra. Sri Hartiatin pun menginginkan agar pihak pemkab bombana segera membentuk tim yan terdiri dari Bupati, Sekda dan camat serta Anggota DPRD untuk membahas bantuan tersebut langsung di deputi yang membiani kedaruratsn di BNPB Pusat

” apalagi saya dengar masyarakat Desa Terapung akan di relokasi ketempat yang lebih aman, ini jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit dan memerlukan pembahasan yang lebih mendetail ” kata Dra. Sri Hartiatin.

” tolong masyarakat di desa terapung di foto dicdepan rumah masing-masing dan dilengkapi pernyataan mereka jika nanti sudah direlokasi ditempat aman mereka tidak akan kembali menempati rumah mereka yang dulu di desa terapung ” lanjutnya

Usai meninjau tiga titik lokasi di bombana, rombongan BPPB pusat akan meneruskan perjalanan menju Kabupaten Kolaka Utara untuk melihat langsung kondisi bencana di Desa Latawaro Kec. Lambai yang menghanyut beberapa rumah saat banjit badang melanda desa tersebut beberapa saat lalu.  

Komentar