TIM TERPADU BENTUKAN PEMDA TEMUI PEDAGANG PASAL ILEGAL

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ket.Gambar : Tim Terpadu saat melakukan dialog dengsn Pedagang di Pasar Ilegal, Nampak Sekda Bombana ( baju coklat ) sedang memberikan pengarahan.( foto: hery ).

Rumbia. Kesabaran Pemkab Bombana benar benar di uji menertibkan pedagang yang selama ini masih terus melakukan aktivitas di pasar ilegal ( sore) yang terdapat Kelurahan Lauru Kecamatan Rumbia Tengah. Faktanya walaupun para pedagang sering di himbau melalui surat maupun dengan penertibaan langsung yang melibatkan Satpol PP, sampai saat ini para pedagang tersebut masih saja terus melakukan aktivitas walaupun harus bermain kucing kucingan dengan petugas Satpol PP.

Menyikapi kebandelan pedagang tersebut, pihak pemkab bombana kembali menerjunkan tim terpadu dengan melibatkan beberapa unsur diantara TNI, Polres Bombana, serta instansi terkait lainnya yang hari ini (13/3) turun langsung menemui beberapa pedagang yang berada dipasar ilegal tersebut.

Sekda Bombana Dr.Ir.H. Rustam Supendy,M.Si mengatakan Dibentuknya tim terpadu tersebut merupakan tindak lanjut atas keinginan pemerintah daerah untuk menata kawasan ibu kota sesuai rencana tata ruang wilayah, sehingga masyarakat harus memahami keinginan pihak pemerintah daerah yang ingin merubah wajah ibu kota. ” Kita sudah sediakan los di pasar sentral bombana, seharusnya para pedagang berjualan disana seperti yang lainnya ” Kata H. Rustam Supendy

Lebih lanjut, selama ini kata H. Rustam Supendy asosiasi pedagang sudah pernah menyampaikan keinginan mereka untuk turun langsung menemui mereka yang selama ini masih berdagang dipasar ilegal tersebut, namun pihak pemkab menghawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan jika para pedagang yang tergabung di asosiasi yang langsung menemui pedagang di pasar itu.

” Pihak asosiasi sudah sering menemui kami agar memindahkan pedagang yang ada di pasar ilegal berjualan di pasar sentral, sehingga tim terpadu ini turun agar tidak terjadi hal kita tidak inginkan ” katanya.

Sementara itu Kapolsek Rumbia Iptu Idham Sukri mengungkapkan operasi penertiban yang dilakukan pemkab bombana dengan melibatkan unsur TNI dan Polri dalam Tim Terpadu perlu mendapat apresiasi, apalagi tim ini lebih mengutamakan tindakan persuasif kepada para pedagang.

” kita sudah berbicara dengan para pedagang agar mereka tidak menjual disana, kami pun akan memanggil mereka dan suruh membuat pernyataan” terang Iptu Idham Sukri.

” secara rutin kita akan juga melakukan patroli bersama ” tambahnya.

Dari pantauan dilapangan, tim terpadu yang turun langsung menemui pedagang di pasar ilegal tersebut nampak terlihat Sekda Bombana, Pabung 1413 Kodim Buton,anggota Polres Bombana, Satpol PP dan beberapa kepala SKPD.

Dilain pihak salah seorang pedagang Masni yang ditemui disela sela penertiban tersebut dirinya akan mengikuti keinginan pihak pemkab namun dirinya juga meminta agar di izinkan melakukan bongkar ikan di depan rumahnyaa yang selama ini di jadikan sebagai tempat melayani pembeli.

” Tolong pak, kami juga menginginkan agar kapal trol yang melakukan penangkapan ikan ditegur, karena selama ini mereka menangkap ikan sangat dekat dengan pantai paadahal aturannya ada jujur kami. Sangat dirugikan sebagai nelayan yang hanya mengandalkan pancing ” pinta Masni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *