TP -TGR KEMBALI LAKUKAN SIDANG TEMUAN

SHARE:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rumbia. Sidang Majelis TPTGR yang di gelar siang(4/2) tadi di ruang kerja Sekretaris Daerah Bombana dengan mengagendakan kasus berdasarkan release Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)RI dilakukan secara tertutup oleh Majelis yang di ketuai Sekda Bombana H. Burhanuddin A, HS.Noy,SE.M.Si dengan menghadirkan beberapa orang terperiksa.

Ditemui usai sidang tersebut Sekda Bombana menuturkan bahwa sidang yang digelar kali ini merupakan lanjutan dari sidang Majelis yang sudah beberapa kali dilakukan oleh mejelis TPTGR dengan melibatkan beberapa orang PNS yang bertindak sebagai PPK dan Kontraktor dari perusahaan yang berdasarkan hasil pemeriksaan lapangan BPK RI ditemui beberapa kejanggalan.

” Benar kami melakukan sidang terhadap salah seorang kontraktor terkait kerugian negara atas temuan BPK ” kata H. Burhanuddin.

Akan tetapi dirinya enggan membeberkan  lebih jauh siapa saja yang saat ini dipanggil untuk menghadiri sidang  dengan alasan bahwa persoalan temuan dimaksud melalui sidang TPTGR  merupakan langkah untuk mencari solusi terbaik.

Ditambahkan lagi, sidang yang diketuai langsung oleh dirinya tersebut merupakan satu upaya itikad baik dari Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan persoalan baik itu melibatkan oknum PNS atau rekanan yang dianggap telah lalai dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan pihak pemerintah daerah, dirinya tidak menampik bahwa dari beberapa kasus di temuan tersebut ada yang terindikasi benar – benar telah melakukan suatu tindakan yang menyebabkan negara atau daerah menderita kerugian, namun ada juga hanya karena persoalan administrasinya dianggapa tidak lengkap sehingga dinyatakan telah merugikan negara.

” Majelis TPTGR ini dibentuk untuk menjadi suatu wadah bagi Pemerintah Daerah memburu semua kerugian negara selama ini agar masalah tersebut tidak sampai keranah hukum, terlebih lagi jika yang bersangkutan bersedia untuk melakukan pengembalian, yang bersangkutan. Terlebih dahulu harus menandatangani Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak ” kata Sekda Bombana.

Lanjut, jika yang bersangkutan tetap tidak ingin mengembalikan kerugian negara maka persoalan atas release LHP BPK RI akan diserahkan ke Jaksa Pengacara Negara untuk di selesaikan melalui ranah hukum, namun dirinya mengharapkan agar kesempatan yang diberikan pemerintah daerah melalui Majelis TPTGR bisa dimanfaatkan sehingga tidak menjadi persoalan yang lebih rumit, terlebih lagi jika seseorang bersedia mengembalikan maka pihak majelis memberi kemudahan dengan membolehkan mengangsur temuan tersebut.

Dari pantauan Author media online ini, nampak beberapa anggota majelis mendampingi Sekda Bombana melaksanakan sidang yang berlangsung lebih dari tiga jam tersebut diantara Inspektur Inspektorat Bombana Moh. Subur, asisten III Setda Bombana Drs. Sukarnaeni, Asisten II Setda Bombana Aris, SE, Kabag Hukum Kalvarious Syamrut, SH dan beberapa anggota lainnya dari BPKAD,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *